Cacingan Dan Gejalanya

Cacingan Dan Gejalanya – Hati-hati dengan penyakit cacingan! Tentunya anda semua sudah mengetahui penyakit cacingan, jenis penyakit ini sangat umum terjadi dikalangan masyarakat indonesian. Hampir 80% orang indonesia mengalami sakit cacingan bahkan penyakit cacingan ini bisa menyerang siapa saja dari mulai kalangan anak-anak sampai kalangan orang dewasa. Saya akan memberitahu anda tentang masalah penyakit cacingan dan gejalanya orang terkena penyakit tersebut.

Penyakit pencernaan ini sangat banyak dialami oleh anak-anak, penyakit ini bisa terjadi melalui beberapa faktor. Untuk anda yang mempunyai anak sebaiknya menjaga kebersihan diri pada anak anda, karena anak-anak tidak menyadari bahaya yang bisa mereka dapat saat bermain ditempat-tempat yang kotor, anak-anak memang susah jika diatur dalam masalah bermain jadi para orang tua harus benar-benar mengawasi anaknya saat mereka sedang bermain, bagi anak yang terkena cacingan akan susah makan. Nah! Jika anda anda susah sekali untuk makan anda harus waspada siapa tahu anak anda mengidap sakit cacingan.

Jangan mengaggap remeh penyakit cacingan dan gejalanya karena jika anda biarkan saja penyakit cacingan bisa menjadi berbahaya untuk anak-anak yang terkena cacingan, Macam-macam cacing yang bisa menyerang manusian adalah cacing kremi. cacing pita, cacing tambang dan cacing gelang keempat cacing tersebut sering sekali menyerang manusia. Anda harus mengetahui gejala apa saja yang biasa ditimbulkan oleh orang yang terkena cacingan, jika anda mengetahui gejala cacingan suatu saat jika penyakit ini menyerang anda bisa langsung mengetahui dan bisa cepat mengobatinnya.

anak-cacingan

Penyakit Cacingan Dan Gejalanya

Berikut Adalah  Penyakit Cacingan Dan Gejalanya :

  • Cacing Kremi

Jenis cacing kremi sangat banyak dialami oleh anak-anak, cacing ini mempunyai ukuran yang kecil kira-kira 1/4 inci. Cacing ini akan menginfeksi bagian usus anak tetapi tidak menimbulkan gejala atau sakit jadi anak tidak bisa menyadarinya. Cacing ini bergerak pada malam hari saat anak sedang tidur cacing kremi akan bergerak menuju liang usus anus (dubur) dan akan bertelur, dan biasanya anak tidak bisa tidur karena merasa gatal pada ususnya.
Cacing kremi bisa disebabkan karena kurangnya kebersihan tangan pada anak, anak-anak tidak menyadari tangan yang kotor saat mereka sedang menggaruk anusnya dan langsung makan tanpa mencuci tangan terlebih dulu.

Ciri ciri Cacingan Dan Gejalanya :

  1. Mual
  2. Gatal pada pembukaan vagina dan dubur
  3. Susah tidur karena gatal
  4. Nyeri pada perut
  • Cacing Pita

Untuk cacing pita biasa masuk melalui air dan makanan yang sudah terkontaminasi dengan telur cacing pita an larva. Cacing pita tidak menyerang bagian usus tetapi akan berkembang menjadi kista di organ tubuh yang lainnya, tetapi lain halnya jika yang masuk adalah larva cacing pita, jika yang masuk larvanya cacing tersebut akan tumbuh dewasa di dalam usus manusia.

Ciri Ciri Cacingan Dan Gejalanya

  1. Mual
  2. Diare
  3. Nyeri Pada bagian perut
  4. Berat badan akan menurun
  5. Akan merasa kelelahan dan kelemahan
  6. Melabsorpsi nutrisi dari makanan
  7. Demam
  8. Gejala neurologis (kejang)
  9. Benjolan atau masaa (kista)
  10. Reaksi alergi terhadap larva cacing pita
  • Cacing Tambang

Jenis cacing tambang biasanya akan menyerang tubuh manusia dengan menghisap darah manusia, dan biasanya saat orang sedang BAB akan menyebabkan BAB yang berdarah karena darah yang dihisap sebagian akan dikeluarkan melalui lumen usus manusia.
Cacing ini akan menyebabkan creeping eruption atau cutaneous larva migrans, dan akan ditandai dengan timbulnya kelainan pada kulit seperti benjolan yang berliku-liku dipermukaan kulit manusia.

Ciri Ciri Cacingan Dan Gejalanya

  1. Demam dan disertai dengan batuk
  2. Nafas yang bunyi karena cacing tambang menyerang bagian paru-paru
  3. Nyeri pada bagian atas perut
  4. Ruam menonjol dan menyebabkan gatal
  • Cacing Gelang

Jenis cacing yang satu ini termasuk jenis cacing yang mempunyai ukuran besar seperti cacing tanah, cacing ini akan menginfeksi usus besar dan usus kecil. Cacing ini akan hidup dan berkembang biak didalam usus dan tidak menimbulkan gejala yang khusus jadi manusia sendiri tidak menyadarinya.

Ciri Ciri Cacingan Dan Gejalanya

  1. Berat badan akan menurun
  2. Batuk kering
  3. Akan terdapat cacing jika mengalami muntah dan bisa terdapat pada tinja
  4. Mual bahkan muntah
  5. Nyeri perut yang samar
  6. Diare
  7. Jumlah yang banyak akan menyebabkan penyumbatan pada usus (obstruksi)

Macam-mcam cacing tersebut biasa dialami oleh sebagian orang, jika anak anda ataupun anda sendiri mengalami gejala-gejala tersebut sebaiknya anda langsung pergi kedokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Jangan biarkan penyakit cacingan menyerang anak-anak dan diri anda secara berlarut-larut karena akan menjadi berbahaya untuk kesehatan anak dan diri anda sendiri. Penyebab cacingan bisa melalui makanan dan minuman jadi anda harus selalu menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikomsusi anda dan juga anak anda sendiri, cucilah tangan sebelum makan dan sesudah makan dan jagalah kebersihan tubuh jangan biarkan anak anda bermain ditempat yang kotor yang banyak mengandung bakteri.

Nah! Demikian informasi yang bisa saya berikan tentang penyakit cacingan dan gejalanya untuk anda semua, jika anda mengalami penyakity cacingan jangan anda diamkan saja agar tidak berbahaya. Terima kasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat untuk anda semua.

 

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Cacingan Untuk Mengatasi Cacingan, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cacingan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *