Pengobatan Penyakit Cacingan

Untuk menghindari agar tidak terserang penyakit cacingan, setiap orang di anjurkan untuk selalu memakai alas kaki , memasak daging tanpa harus matang dengan demikian dapat terhindar dari penularan cacing tambang. Disamping itu dianjurkan pula jika buang air besar jangan disembarang tempat, karena hal itu mungkin sekali dapat menyebabkan tempayak (larva) cacing tambang tersebut, tersebar kemana-mana. Seharusnya buang air besar di WC yang terbuat rapi dan bersih.

Namun para ibu masih banyak yang salah, bahwa jika makan ikan, daging, gorengan akan menderita penyakit yang mereka sebut cacingan. Ada pula yang mengatakan bahwa anak yang sering makan kelapa mentah akan mengidap banyak cacing kremi. Anggapan ini jelas kurang berdasar. Memang ada anak-anak dan orang yang masih dalam pertumbuhan untuk mendapat ekstra zat protein yang seperti banyak terdapat pada daging, ikan, telur, susu dan lain-lain. Zat ini perlu sekali untuk pertumbuhan tubuh.

Namun anggapan yang benar adalah lalat yang hinggap pada makanan adalah penular utama bibit penyakit itu. Mungkin sekali waktu hinggap dan membawa telur cacing ke makanan itu. Bila makanan itu dimakan manusia, maka telur-telur tadi akan ikut pula termakan. Dalam usus, telur itu menetas, dan tubuh menjadi dewasa serta berkembang biak. Bila banyak cacing-cacing yang hidup dalam usus, maka terjadilah penyakit mereka yang sebut cacingan. Cacing yang hidup dalam usus anak ini aslinya bukan dari daging, telur, ikan, susu, dan lain-lain, tapi dari telur-telur cacing yang terdapat pada makanan yang dimakan oleh calon penderita itu.

PENGOBATAN
Obat yag dipakai untuk membasmi penyakit cacing pita adalah biji-biji labu merah, tetrachloorkoolstof (CCL), minyak chenopodium kombinasi dari obat-obat tersebut. Pemberian obat-obat ini sebaiknya ditentukan oleh seorang ahli untuk mengurangi bahaya keracunan obat-obat itu sendiri.

Sebaiknya anak-anak diberi obat cacing untuk 6 bulan atau paling lama satu tahun sekali.Banyak obat cacing yang cukup manjur. Cacing gelang atau cacing kremi dapat diberikan piperazin. Untuk penderita anak-anak sebaiknya diberikan sekaligus 4 ml, sedangkan bagi penderita orang dewasa dapat diberikan piperazin 30 ml. Namun obat piperazin ada juga yang berbentuk tablet atau kapsul.
Untuk pembasmian cacing kremi yang harus diberi obat tiga kali sehari selama 7 hari dengan dosis 6 ml pagi, dan 5 ml malam (1 sendok obat yang ada di botol umumnya 5 ml). Pada sat ini untuk mnumpas cacing jenis lain termasuk cacing tambang diberi obat pyrantel (11 ml per kg) berat badan anak sehari.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Cacingan Untuk Mengatasi Cacingan, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cacingan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *